Yuk, Belajar Bikin CV Bareng!

Hai temen temen, kembali lagi sama admin pelita yang setia menemani kalian setiap bulan nih~ pasti kebanyakan dari kalian nggak asing sama CV, yap betul sekali! Curiculum Vitae atau yang biasa disingkat CV merupakan biografi singkat yang berisi latar belakang pendidikan maupun akademik seseorang dan juga pengalaman sesorang mengenai pengalaman mengajar, penelitian, publikasi, presentasi, penghargaan, penghargaan, dan pengalaman menarik lainnya yang relevan. Nah temen temen, CV ini apabila lebih rinci dan lengkap dari keseluruhan latar belakang dan keterampilan seseorang juga berpengaruh terhadap peluang diterima ya!

Gimanasih tips-tips bikin CV? Simak yuuuuu^^

Jadi, CV punya struktur dalam penyusunannya lo, apa saja sih? Dilansir dari buku yang berjudul Rona Bahasa dan Pariwisata diterbitkan pada tahun 2021 oleh IPB International Press, berikut struktur yang harus ada pada CV.

1) Data Pribadi

Data pribadi ini berisi nama, alamat, email, nomor ponsel dan identitas pribadi lainnya untuk memudahkan menghubungi seseorang kembali jika sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.

2) Pendidikan

Bagian ini menjelaskan latar belakang pendidikan dan hubungannya dengan pekerjaan yang dituju. Hal yang mungkin penting adalah pendidikan dari SMU ke atas termasuk jika ada pendidikan non formal khusus yang diikuti.

3) Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja memberikan gambaran apakah seorang kandidat sudah memiliki jam terbang yang cukup atau masih terbatas. Hal ini juga bisa menentukan apakah kandidat dapat segera menyesuaikan diri di organisasi yang baru atau apakah dia butuh penyesuaian yang panjang.

4) Kemampuan (Skill) yang Dimiliki

Kemampuan sesorang perlu dijelaskan dalam CV sebagai proses belajar maupun pengalaman dari pekerjaan sebelumnya. Perlu dirinci kemamampuan yang sesorang miliki agar mampu meyainkan perekrut pekerjaan tentang kemampuan seseorang saat bekerja pada perusahaan tersebut kedepannya.

5) Training yang Pernah Diikuti

Selanjutnya, daftar training yang pernah diikuti sebelumnya dapat disertakan dalam CV untuk memberi gambaran sejauh mana seseorang telah berkembang dan wawasan apa saja yang sudah dimiliki. Jangan masukkan semua training karena jumlahnya akan sangat panjang. Pilih yang relevan dan sesuai dengan target pada organisasi yang dituju.

6) Prestasi

Prestasi bisa secara singkat dijelaskan baik prestasi di bidang pekerjaan, pendidikan ataupun dalam bidang kemasyarakatan lainnya.

7) Kegiatan Ekstrakurikuler

Selain hal-hal yang berhubungan langsung dengan pekerjaan, seseorang perlu memberikan sedikit gambaran kegiatan yang dilakukan di masyarakat yang menunjukkan bahwa kandidat bisa membagi waktu dan memiliki wawasan yang lebih luas

Gimana nih, sudah cukup dapat gambaran tentang struktur CV bukan? Pastinya dong~ ohiya, pembuatan CV juga punya beberapa tips loh! Apa aja sih? Yang pertama, kalian sebaiknya buat CV singkat, padat dan jelas. Kedua, menggunakan kata-kata yang mempunyai power. Ketiga, melakukan cek tata bahasa sebelum mengirim CV. Serta, tidak lupa mencantumkan pengalaman kerja dan pengalaman lainnya yang relevan dengan posisi yang dilamar.

Nih, ditambahin sama contoh CV nya…

Gimana-gimana, makin nambah wawasan readers terkait CV bukan? Yuk temen-temen mulai dilatih agar nanti sudah terbiasa saat waktunya melamar kerja.Semangat!

UKM PELITA! MUDA! CERDAS! BERPRESTASI!