Intip Semangat Juara 2 Lomba Essay dari Kelas Riset Desa~

Halo temen temen~ ketemu lagi sama Pelita nih~

Gimana kabarnya? Semoga sehat selalu ya, daaan happy holydaay untuk kita semua!!

Jadi, setelah kemarin sempat membahas mengenai tokoh wanita yang patut diteladani untuk mencerminkan perjuangan Kartini, sekarang kita akan bahas mahasiswa perempuan yang telah meraih Juara 2 Essay dalam acara Kelas Riset Desa yang telah diselenggarakan oleh UKM Pelita.

Yuk, kenalan dengan Anisa Dini Kamila, mahasiswa angkatan 2021 dari Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jember. Anisa ini merupakan peraih Juara 2 solo lo~ kok bisa solo sih? Yap, karena lomba essay yang diselenggarakan merupakan lomba beregu. Wah! Hebat banget! Kira-kira gimana reaksi Anisa ketika mendapat Juara 2?

“Nggak nyangka, karena disiapkannya dadakan.  Kurang lebih H-3 waktu diingetin, aku langsung nyiapin. Kan itu kelompok, kebetulan teman-teman satu kelompokku sedang ada kendala, jadi nyoba buat sendiri dan Alhamdulillah dapet.” Jawab Anisa.

Wow wow wow, sampe ikutan nggak nyangka sih ini. Nah, dalam perngerjaannya pasti ada kendala untuk Anisa terlebih Cuma ngerjakan sendiri dibanding kelompok lainnya, apa aja ya kendalanya?

“Alhamdulillah kak, untuk kendalanya ada saat editing prototype itu kak, kebetulan saya jga belum terlalu bisa edit, jadi begitu ngedit sendiri itu memakan waktu yang banyak kakk, tapi Alhamdulillah selesai sebelum deadline kak”.  Bener bener nih Anisa, masih berusaha untuk mengerjakannya, padahal belum dikuasainya lho.  . . perlu diacungi jempol! Eh ternyata faktanya, Anisa sudah memulai menekuni essay waktu SMA dan pernah dibukukan di Antologi Essay Parlemen Remaja 2020. Selain itu, doi juga mencoba berbagai perlombaan essay lainnya. Pantesan, sudah terlatih ternyata permirsa~

Judul Essay yang dipilih Anisa yaitu ‘Seral.ID (Serami Sosial Indonesia): Inovasi Program Pemanfaatan Bonus Demografi Bidang Sosisal Guna Mendukung Sustainable Development Goals 2030 Desa di Indonesia’. Inspirasi judul essay yang dipilih Anisa relate banget sama jurusannya yaitu Sosiologi. Katanya “Aku mulai riset apasih permasalahan-permasalahan yang dialami oleh anak anak desa saat ini. Biasanya lebih ke masyarakat pedesaan, biasanya terkakit pemberdayaan, pendidikan, dan sebagainya, itu yang membuat seral id. Seral id ini juga mencakup masyarakat juga berperan aktif untuk membuat program –program dan kegiatan yang bermanfaat bagi ana desa dan remaja di desa tersebut, sehingga dari masyarakat untuk ke masyarakat. Kurang lebih seperti itu.

Keren banget pokonya Anisa ini. Yuk temen-temen, jangan mau kalah keren ya, siapa yang bakal jadi the next level dari Anisa? Kita tunggu~!

Okedeh sekian dulu dari kita, ketemu lagi dilain kesempatan. UKM PELITA! MUDA! CERDAS! BERPRESTASI!