Tips Survive untuk Anak Kos

Ditengah hari Mingguku yang cerah dan gabut aku kepikiran untuk berbagi tips bertahan hidup di kosan untuk anak kos. Yah, sedikit informasi anak kos adalah sekelompok manusia terpilih yang dipaksa untuk meninggalkan zona nyaman-nya dan dituntut untuk berpetualang menimbah ilmu jauh dari rumah. Nah, spesies ini biasanya merupakan manusia-manusia hebat yang sementara waktu rela meninggalkan keluarga demi cita-citanya. Manusia tangguh spesies anak kos ini cenderung memiliki masalah yang sama, khusus nya masalah manajemen keuangan yang buruk sehingga tidak dapat survive di akhir bulan. Berikut beberapa tips untuk kamu yang termasuk spesies anak kos agar dapat mengelola keungan lebih baik :

  1. Menyediakan Makanan dan Minuman Sendiri

Makanan dan minuman adalah bahan bakar utama dalam melaksakan aktivitas tiap hari. Sama halnya dengan manusia biasa pada umumnya, anak kos juga memerlukan makan dan minum untuk bisa survive. Memang, makanan disekitar lokasi kampus cenderung murah dan terjangkau namun untuk meminimalisir pengeluaran lebih baik agar menyediakan makanan dan minuman sendiri.

  1. Menyiapkan Barang-barang Penunjang Kebutuhan

Barang-barang penunjang kebutuhan yang dimaksud adalah seperti rise cooker mini, gallon air, berbagai sabun, dan keperluan lainnya. Barang tersebut sangat berguna dalam meminimalisir pengeluaran uang yang berlebih. Memasak nasi sendiri dan membeli lauk saja akan lebih hemat dibandingkan dengan diluar. Dan menyediakan gallon pastinya lebih hemat dibandingkan membeli botol minuman.

  1. Selalu Mencatat Pengeluaran Harian

Dengan mencatat pengeluaran harian, kita akan mengetahui kemana uang tersebut digunakan. Setelah mengetahui pengeluaran uang tersebut kita bisa mengevaluasi dan menghindari pengeluaran yang terlalu boros.

Mmm, sebenarnya masih banyak tips lainnya yang membantu kita spesies anak kos untuk tetap survive di dunia kampus dan mungkin lain waktu akan dibahas. Jadi tetap tunggu informasi menarik lainnya hanya disini!!

UKM PELITA! CERDAS! MUDA! BERPRESRTASI!