Profil UKM PELITA

Universitas Jember adalah salah satu universitas negeri di Jawa Timur yang terdiri dari berbagai insan mahasiswa yang beragam. Perbedaan kisah, latar belakang hingga minat bakat yang ada pada diri setiap mahasiswa turut memberikan warna bagi universitas. Sebagai salah satu tempat untuk menimba ilmu pengetahuan dan pengalaman, maka universitas menyediakan berbagai sarana dan prasarana untuk membantu mahasiswa dalam rangka mendukung dan mengembangkan potensi mereka menjadi penerus bangsa yang tentunya akan memimpin masa depan.

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) merupakan salah satu wadah yang ada di berbagai universitas termasuk Universitas Jember sebagai upaya mendukung dan menyukseskan para mahasiswa untuk mengembangkan potensinya. Sehingga sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bernama Penalaran dan Penelitian Mahasiswa Universitas Jember yang kemudian disingkat UKM PELITA UNEJ menjadi salah satu unit kegiatan dari mahasiswa Universitas Jember yang fokus utamanya ada pada pengembangan kepenulisan dan public speaking.

UKM PELITA UNEJ didirikan pada tanggal 5 Agustus 2008 dan berkedudukan di Universitas Jember. Dalam melaksanakan kegiatannya, UKM PELITA UNEJ memiliki visi, misi dan tujuan tersendiri yang dijadikan acuan dan dorongan sehingga dapat menambah semangat mengembangkan potensi diri hingga organisasi. Berikut adalah visi, misi dan tujuan dari UKM PELITA UNEJ.

Visi UKM PELITA UNEJ :

Mengoptimalkan potensi keilmuan mahasiswa dalam mengkaji dan meneliti permasalahan di masyarakat dengan memanfaatkan fasilitas kampus, serta mengedepankan budi pekerti dalam kerangka keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Misi UKM PELITA UNEJ :

  1. Meningkatkan minat dan potensi mahasiswa Universitas Jember dalam penalaran dan penelitian ilmiah;
  2. Menjadi fasilitator dan dinamisator kelompok-kelompok studi di tingkat fakultas untuk bergerak bersama dalam kegiatan ilmiah;
  3. Menjalin hubungan atau kerjasama dengan lembaga studi dan penelitian di lingkup intra maupun ekstra Universitas Jember;
  4. Membentuk mahasiswa Universitas Jember sebagai insan akademis yang profesional di bidangnya, berwawasan luas, berakhlak mulia, dan menjunjung nilai-nilai agama dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Tujuan UKM PELITA UNEJ :

  1. Menjalankan amanah sebagaimana termaktub dalam AD/ART UKM PELITA UNEJ yaitu mewujudkan insan akademis yang kreatif dan inovatif, mengabdi atas dasar keimanan, ketaqwaan, memiliki integritas serta memperjuangkan nilai-nilai idealisme mahasiswa;
  2. Menjadi wadah pemersatu mahasiswa dalam bidang penalaran dan penelitian;
  3. Memperjuangkan dan mewujudkan aspirasi mahasiswa dalam bidang penalaran dan penelitian;
  4. Melaksanakan koordinasi dengan semua organisasi mahasiswa di Universitas Jember demi terwujudnya stabilitas kehidupan mahasiswa;
  5. Meningkatkan intelektualitas dan moralitas mahasiswa sebagai insan terpelajar;
  6. Mencetak generasi-generasi peneliti yang berintegritas tinggi.

Sebagaimana lumrahnya sebuah organisasi, maka UKM PELITA UNEJ juga memiliki strategi manajemen untuk mengelola roda organisasi agar berjalan secara sistematis dan terarah sehingga sebuah tujuan dari organisasi dapat berjalan secara lancar. Upaya UKM PELITA UNEJ dalam mengatur kinerjanya yaitu dengan membentuk beberapa departemen diikuti dengan  tugas pokok dan fungsi yang menyertai.

Selain adanya pembagian departemen, UKM PELITA UNEJ juga terdiri dari Ketua Umum yang salah satu tugas dan wewenangnya yaitu memimpin UKM PELITA UNEJ sesuai ketentuan organisasi, Sekretaris Umum berkewajiban mengarahkan, mengawasi, dan mengevaluasi fungsi administratif yang dijalankan bersama sekretaris I dan Bendahara Umum yang juga bertanggung jawab atas mekanisme dan kebijakan pengelolaan keuangan organisasi. Kemudian, UKM PELITA UNEJ terdiri dari 5 departemen yaitu :

  1. Departemen Penelitian dan Pengembangan, yang bertugas melakukan pengkajian dan penelitian keilmiahan;
  2. Departemen Pemberdayaan Potensi Mahasiswa adalah departemen yang mempersiapkan anggota untuk mengikuti kegiatan-kegiatan ilmiah dari segi non kepenulisan;
  3. Departemen Public Relations (PR) bertugas membangun citra positif UKM PELITA UNEJ di tingkat internal dan eksternal;
  4. Departemen Human Resource Development (HRD) berfungsi untuk merancang pola kaderisasi UKM PELITA UNEJ sesuai dengan kebutuhan dan kondisi pada saat itu;
  5. Departemen Bina Desa bertugas merancang dan melaksanakan kegiatan berbasis penerapan IPTEK di desa binaan UKM PELITA UNEJ.

Pembagian tugas di UKM PELITA UNEJ tidak terlepas dari salah satu tujuan organisasi yaitu untuk membantu menyukseskan upaya dalam memperjuangkan dan mewujudkan aspirasi mahasiswa dibidang penalaran dan penelitian. Harapan dengan adanya profil singkat UKM PELITA UNEJ dapat membantu para pembaca mengetahui dan mengenal apa itu UKM PELITA UNEJ serta kedudukan, fungsi dan manfaatnya di Universitas Jember dalam membentuk generasi penerus Indonesia yang nalar dalam berfikir dan teliti dalam bertindak.